Kongres XII GAMKI - Ambon



Kongres XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) terjadwal pada 13 - 18 Mei 2023. Berlokasi di Kota Ambon, Provinsi Maluku. 

Dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GAMKI Kota Gunungsitoli berangkatlah kami 3 orang yaitu Ketua Karya Bate'e,Sekretaris Andi Telaumbanua, dan Wakil Bendahara Cordi Zebua pada Jumat(12/05/2023) dengan penerbangan Binaka Gunungsitoli menuju Kualanamu Deli Serdang pada penerbangan pukul 11.40 Wib dengan durasi terbang sekutar 1 jam. Tiba di Kualanamu menunggu jadwal penerbangan berikutnya yakni pukul 15.00 WIB dengan tujuan Bandara Soekarno Hatta Jakarta dengan lama penerbangan sekitar 2,5 jam. 

Di Soekarno Hatta kami kembali harus menunggu jadwal penerbangan lagi,  yakni pukul 01.20 WIB dengan tujuan Bandara Pattimura Ambon. Lama penerbangan sekitar 3,5 jam. Tiba di Ambon, suasana sudah terang, karena waktu lebih cepat 2 jam dari wilayah asal kami. Jam di Handphone sudah menunjukkan pukul 07.00 WIT. 



Di Bandara, panitia menyambut peserta yang hadir dengan tarian cakalele dan diiringi alat musik khas ambon.  Peserta juga dikalungi selendang khas ambon. 

Pada minggu (14/05/2023), peserta kongres mengikuti ibadah di Gereja Protestan Maluku (GPM) Maranatha. Sedangkan untuk pembukaan Kongresnya dilaksanakan di Gedung Christian Center Ambon. Kongres dibuka oleh Presiden Republik Indonesia yang diwakili oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. 

Dalam sambutannya, Menpora menyampaikan apresiasi kepada GAMKI dan akan makin memperkuat koloborasi dengan GAMKI.


Usai pembukaan, acara dilanjutkan dengan Study Meeting dengan menghadirkan narasumber-narasumber kredibel dibidangnya. Study meeting dilaksanakan hingga Senin (15/05/2023) di Cristian Center. 

Pada Rabunya (16/05/2023) dimulailah agenda persidangan kongres di dalam GPM Maranatha. Kekurangannya, pada arena sidang yang disiapkan, setiap utusan dari cabang hanya disedikan tempat bagi 1 orang saja dimeja sidang. Itupun tidak semua cabang mendapatkan tempat. Beberapa harus rela duduk di kursi yang tidak terfasilitasi meja persidangan. 

Tahap demi tahap agenda diselesaikan, silang pendapat memang hal yang biasa terjadi dalam persidangan namun semua berjalan masih dalam kondisi wajar. 


Persidangan berjalan hanya pada pagi hingga sore hari. Karena pada malam hari peserta kongres dijamu makan malam oleh pejabat di daerah itu. Mulai dari Gubernur, Wakil Gubernur, Ketua DPRD hingga Wali Kota Ambon. 

Agenda persidangan untuk pemilihan ketua umum dilaksanakanlah pada Jumat (19/05/2023) yang dimulai sekitar pukul 01.06 WIT.  Para peserta mengusulkan nama bakal calon ketua umum secara tertutup. Dari usulan peserta ada 4 nama calon yang diusulkan yakni
1. Sahat Sinurat sebanyak 169,
2. William Wandik sebanyak 65,
3. Dickson Siringo-ringo sebanyak 42,
4. Indra Rajagukguk sebanyak 1,

Sesuai mekanisme, para bakal calon ditanyai kesediannya terlebih dahulu. kecuali Indra Rajagukguk, bakal calon yang lain hadir dihadapan peserta sidang dan ditanyai kesediannya untuk jadi calon ketua umum. Dari ketiga calon hanya Sahat Sinurat yang menyatakan bersedia, sementara yang dua orang lagi menyatakan tidak bersedia. Karena cuma ada 1 yang bersedia, akhirnya persidangan memutuskan secara aklamasi Sahat Sinurat sebagai Ketua Umum. 

Lalu untuk pemilihan Balon Sekum, para peserta Kongres mengusulkan nama Alan Christian Singkali dan Ruben Frangky Darwin Oratmangun. Persidangan memberikan waktu kepada keduanya untuk bermufakat dengan di dampingi oleh Ketum terpilih. Dari hasil mufakat itu Alan Christian Singkali disepakti sebagai Sekum GAMKI. Persidangan akhirnya selesai sekitar pukul 07.00 WIT dan berlanjut pada acara penutupan kongres. 

0 Komentar